Monday 29 February 2016

TUTORIAL BELAJAR COREL DRAW : Tracing Bitmap dengan Power Trace

TUTORIAL BELAJAR COREL DRAW : Tracing Bitmap dengan Power Trace

           Selain teknik tracing secara manual, dapat juga menggunakan teknik tracing secara otomatis menggunakan PowerTrace yang terintegrasi dengan corelDRAW X4.
             Masing-masing teknik tracing baik secara manual (menggunakan Pen Tool, dsb) maupun tracing secara otomatis (menggunakan Power Trace) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
              Kekurangan teknik tracing secara manual adalah membutuhkan waktu lama untuk men-tracing seluruh objek karena harus menggambar ulang tiap-tiap objek yang dikehendaki. Dibutuhkan kesabaran, konsentrasi, skill, dan ketekunan khususnya membuat outline bagian-bagian yang rumit. Kelebihan teknik ini adalah hasil desain lebih halus dan teratur sesuai dengan bentuk yang diinginkan
              Tracing menggunakan Power Trace terasa lebih instan dan mudah. Hanya dengan klik pada objek tracing maka akan langsung terbentuk. Namun kelemahan teknik ini adalah kadang hasil tracing tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan terutama jika dalam gambar awal terdapat background. Power Trace akan men-tracing semua objek yang ada sehingga kita harus mengedit terlebih dahulu gambar awal untuk menentukan bagian mana yang akan di-tracing.
          Kelemahan lain tracing dengan menggunakan Power Trace terlihat jika kita mentracing dalam mode warna tertentu. Hasil tracing akan tampak terlihat batas-batas outline dari tiap bagian/warna objek. Hal ini membuat gambar tracing terlihat kasar dan tidak rapi. Perhatikanlah contoh di bawah ini !

                                               Asli                                 Hasil Tracing



Berikut adalah caranya Tracing dengan power trace
1. Importlah sebuah image ke dalam lembar kerja.









  
   


2. Seleksi objek image motor, klik menu Trace Bitmap > Quick Trace yang muncul
pada property bar.



3. Seleksi objek tracing, lalu Ungroup All untuk memisahkan tiap-tiap bagian objek
tracing.
4. Anda dapat mengganti warna masing-masing objek tracing serta menghapus
background atau outline objek yang tidak perlu. Kemudian satukan lagi (Group)


     itulah cara Tracing dengan power trace sekian tutorial kali ini.




0 comments

Post a Comment