Monday 29 February 2016

Lahirnya C#

Lahirnya C# 


            Microsoft membuat C# seiring dengan pembuatan Framework .NET. Chief Architect dalam pembuatan C# adalah Anders Hejlsberg yang sebelumnya berperan dalam pembuatan Borland Delphi dan Turbo Pascal. C# menjanjikan produktifitas dan kemudahan yang ada di Visual Basic dengan kemampuan dan fleksibilitas yang ada di C/C++. 
          Apa sebenarnya tujuan bahasa C#?     
Menurut spesifikasi bahasanya, “C# (pronounced “C Sharp”) is a simple, modern, object oriented, and type-safe programming language. It will immediately be familiar to C and C++ programmers. C# combines the high productivity of Rapid Application Development (RAD) languages and the raw power of C++.”.
 Untuk mencapai produktifitas tinggi ini konsep-konsep sulit C++ disederhanakan dan fitur-fitur baru ditambahkan. Hal ini mungkin terasa mirip dengan Java, karena itulah C# bisa dianggap sebagai sepupu Java. Diagram keluarga C bisa dilihat pada gambar 1.1


C# berhasil distandarisasi oleh ECMA pada Desember 2001. Dengan standar tersebut siapa saja dapat membuat implementasi C#. Saat ini baru terdapat compiler C# buatan Microsoft dan compiler dari proyek Mono.

1. Perbandingan C# dengan Bahasa .NET Lain 
C# adalah salah satu dari banyak bahasa        yang bisa dipakai untuk pemrograman .NET. Kelebihan utama bahasa ini adalah sintaksnya yang mirip C, namun lebih mudah dan lebih bersih. Untuk perbandingan penulis cantumkan sedikit informasi mengenai Managed C++ dan Visual Basic .NET: · 
Managed C++: Managed C++ adalah ekstensi terhadap C++ untuk membuat program .NET. Salah satu keunikan Managed C++ adalah kita bisa mencampur kode-kode managed dengan unmanaged dalam program kita. Ini akan sangat berguna bagi pihak-pihak yang sudah memiliki banyak kode C++ namun ingin bermigrasi ke platform .NET. Dalam pemrograman Managed C++ kita masih akan terikat dengan konsep-konsep sulit C++ sehingga produktifitas akan lebih rendah dibanding jika kita menggunakan C#. ·
 Visual Basic .NET: Perbedaan antara C# dengan Visual Basic .NET yang akan langsung terlihat adalah sintaksnya. C# memiliki beberapa fitur yang tidak ada di C C++ C# Java Gambar 1.1 - Keluarga Bahasa C Visual Basic .NET sehingga C# sedikit lebih fleksibel. Perlu diketahui bahwa Visual Basic .NET cukup berbeda dengan Visual Basic 6, sebab Visual Basic .NET adalah bahasa yang sepenuhnya berorientasi objek dan dibuat untuk pemrograman .NET. 
Tentang kecepatan program yang dihasilkan, semua bahasa .NET menghasilkan program .NET yang berkecepatan tinggi. Perbedaan kecepatan yang ada sangat kecil bahkan pada umumnya bisa dianggap tidak ada.

2. Ruang Lingkup Pemakaian C# dan Masa Depan Framework .NET 
C# sebagai bahasa pemrograman untuk Framework .NET memiliki ruang lingkup penggunaan yang sangat luas. Pembuatan program dengan user interface Windows maupun console dapat dilakukan dengan C#. Karena Framework .NET memberikan fasilitas untuk berinteraksi dengan kode yang unmanaged, penggunaan library seperti DirectX 8.1 dan OpenGL dapat dilakukan. C# juga dapat digunakan untuk pemrograman web site dan web service. 
Perlu diingat bahwa semua ini baru permulaan. Microsoft sendiri akan terus mengembangkan Framework .NET dan mengintegrasikan produk-produknya dengan Framework .NET. Sebagai contoh, DirectX 9 akan memiliki komponen-komponen yang managed untuk menyedot para game developer ke dunia pemrograman .NET. Windows dua generasi setelah Windows XP yaitu Windows Blackcomb diisukan akan menjadi akhir dari era Win32 dengan menjadi operating system yang sepenuhnya berfondasikan Framework .NET.
 Pembahasan mengenai Framework .NET secara menyeluruh dapat menjadi satu buku yang jauh lebih tebal dari buku ini. Dalam buku ini kita akan lebih memusatkan pada penggunaan bahasa C# untuk mengeksploitasi kekuatan Framework .NET. Selamat datang di era pemrograman baru!

0 comments

Post a Comment